Keamanan akun

Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah berikut untuk menjaga keamanan akun kamu:

  1. Menambahkan info pemulihan akun
    Informasi pemulihan akun mencegah terjadinya penggantian data akun oleh pihak yang bukan merupakan pemilik akun. Setelah menambah info pemulihan akun, kamu akan diminta verifikasi identitas pemilik akun jika ingin melakukan perubahan pada akun Blibli.
  1. Pastikan link login benar
    Sebelum masuk ke akun Blibli kamu, pastikan link/URL yang dituju sudah benar dan merupakan link login Blibli yang resmi. Situs resmi untuk login ke akun Blibli hanya https://www.blibli.com/.
  1. Jangan memberikan informasi sensitif atau data pribadi ke pihak lain
    Waspadai situs palsu atau pihak lain yang meminta informasi data pribadi berupa email, username, password, nomor HP, dan atau kode verifikasi OTP dengan alasan apa pun. Memberikan informasi atau data pribadi dapat mengakibatkan akun kamu dikuasai atau disalahgunakan oleh pihak lain.
  1. Jangan sembarangan klik link atau download file
    Mengunjungi situs yang tidak resmi atau download file yang tidak terpercaya dapat menjadi jalan masuk bagi aplikasi berbahaya yang dapat melakukan aktivitas yang merugikan seperti mencuri data sensitif yang terdapat di perangkat. Hal ini dapat menyebabkan diambilnya data seperti password, PIN, informasi kartu kredit, dan lain-lain.
  1. Gunakan fitur Multi-factor Authentication
    Gunakan fitur login multi-factor authentication yang ada di perangkat kamu, seperti Face ID jika kamu menggunakan system operasi iOS atau Fingerprint untuk sistem operasi Android saat masuk ke aplikasi Blibli.  Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur multi-factor authentication lainnya seperti pengiriman  OTP melalui e-mail.

Phishing adalah sebuah metode kejahatan digital yang bertujuan untuk mendapatkan informasi pribadi/sensitif milik seseorang dengan cara berpura-pura menjadi sebuah instansi yang resmi untuk menipu dan merugikan korbannya. Data yang umumnya menjadi target dari serangan phishing adalah data akun (username/email dan kata sandi/password), data pribadi (nama, tanggal lahir, alamat) dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

Pastikan kamu mengenali tanda-tanda phishing seperti:

  1. Pelaku mengirimkan pesan ke platform messenger/chat kamu mengatasnamakan Blibli. Pada chat tersebut biasanya ada lampiran berupa URL link atau file (apk atau pdf biasanya) dan meminta kamu untuk membuka lampiran tersebut. Link yang dilampirkan akan mengarahkan kamu ke website palsu yang dibuat oleh pelaku untuk menipu dan mendapatkan data pribadimu seperti username, password, kode OTP, dan data perbankan. Sementara jika kamu mendownload lampiran berupa file, maka pelaku memiliki kesempatan untuk mendapatkan data pribadi yang tersimpan pada HP atau perangkat kamu.
  2. Pelaku akan membuat kesan bahwa pesan ini penting, genting dan tergesa-gesa dengan tujuan agar kamu segera melakukan perintah yang disampaikan oleh mereka pada pesan yang dikirimkan tanpa berpikir dua kali.
  3. Modus yang paling sering digunakan oleh pelaku adalah dengan memberikan penawaran yang fantastis dan sangat menggiurkan kepada kamu seperti memenangkan undian, promo besar-besaran, voucher, dll sehingga kamu terpancing untuk membuka lampiran yang ditautkan oleh pelaku pada pesan yang dikirimkan ke kamu.
  4. Pesan yang dikirimkan biasanya memiliki ejaan dan tata bahasa yang tidak rapi dan buruk.

Ketahui cara menghindari phishing jika menemui tanda-tanda di atas.

Ikuti langkah-langkah berikut jika menemui tanda-tanda phishing:

  1. Jangan sembarangan klik tautan (link)
    Jika ada pihak yang memberikan informasi tautan (link), maka pastikan situs diawali dengan https://, jika tidak terdapat huruf ‘s’ maka dapat dipastikan situs tersebut tidak terjamin keamanannya. Contoh: situs resmi Blibli selalu memakai ‘s’ (https://blibli.com).
  2. Memeriksa dan memastikan nama dan nomor HP pengirim
    Jika kamu dihubungi oleh pihak yang tidak dikenal berkaitan dengan pesanan kamu di Blibli atau memberikan kamu penawaran yang menggiurkan, maka kamu perlu memastikan kembali detail pengirim pesan tersebut. Perlu diketahui bahwa Blibli tidak pernah meminta kamu melakukan transaksi di Blibli selain dengan cara checkout melalui website atau aplikasi Blibli. Kamu juga perlu teliti dan berhati-hati jika menemui chat yang mencurigakan  di fitur chat yang tersedia di aplikasi Blibli.
  3. Jangan memberikan informasi sensitif atau data pribadi ke pihak lain
    Waspadai situs palsu atau pihak lain yang meminta informasi data pribadi berupa email, username, password, nomor HP, dan atau kode verifikasi dengan alasan apa pun. Jika kamu memberikan informasi atau data pribadi maka hal ini dapat mengakibatkan akun kamu dikuasai atau disalahgunakan oleh pihak lain.
  4. Jangan melakukan transaksi dan komunikasi di luar situs Blibli
    Pada saat berkomunikasi. mungkin saja ada pihak yang menawarkan harga lebih murah dan mengajak kamu melakukan pembayaran di luar situs Blibli. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kamu menolak agar terhindar dari tindak penipuan. Pastikan kamu hanya melakukan pembayaran ke nomor virtual atau rekening atas nama Blibli, bukan nomor rekening atas nama pihak lain atau nama pribadi. Blibli tidak dapat bertanggungjawab atas semua transaksi yang terjadi di luar sistem Blibli.

Jika terjadi indikasi penipuan dari pihak mana pun, segera hubungi Customer Care di 0804 1 871 871 atau email customer.care@blibli.com.

  1. Jangan panik, tetap tenang dan segera melakukan pergantian password pada akun yang terdampak oleh kejahatan Phishing beserta seluruh platform lain yang kamu miliki yang menggunakan password yang sama dengan akun terdampak.
  2. Laporkan pada pihak terkait seperti Customer Service dari platform yang terdampak atau ke pihak berwajib jika diperlukan.
  3. Disarankan untuk mengaktifkan MFA (Multi-Factor Authentication) pada setiap platform yang digunakan sebagai tambahan lapisan perlindungan terhadap akun kamu.

Tips aman bergabung pada program Blibli Affiliate:

  1. Pastikan kamu melakukan pendaftaran Program Blibli Affiliate hanya melalui website resmi Blibli.com. Kamu bisa daftar di link berikut https://www.blibli.com/pages/affiliate
  2. Pendaftaran program Blibli Affiliate secara resmi hanya melalui website Blibli. Jika kamu dihubungi oleh pihak yang mengaku sebagai karyawan dari Blibli dan memberikan penawaran kerja sama dengan bergabung di Program Blibli Affiliate, maka dapat dipastikan hal tersebut adalah sebuah percobaan tindakan penipuan.
  3. Blibli tidak pernah melakukan penawaran bergabung di Program Blibli Affiliate dengan cara menghubungi customer secara pribadi melalui platform apapun.
  4. Hindari memberikan data pribadi kamu (username, kata sandi, kode OTP, data keuangan/perbankan) kepada pihak yang mengaku sebagai pihak atau karyawan Blibli.

Jika kamu diminta untuk mentransfer sejumlah uang untuk bergabung pada Program Blibli Affiliate oleh pihak yang mengaku sebagai bagian dari Blibli, maka mohon untuk abaikan saja, ya. Blibli tidak pernah meminta sejumlah uang kepada customer pada setiap program kerja sama yang dimiliki.

Hindari penipuan media sosial dengan cara:

  1. Periksa profile dari akun tersebut
    Akun yang resmi akan memiliki jumlah followers dalam jumlah yang wajar dan terdiri dari akun sungguhan. Selain itu, gambar yang diposting pada akun tersebut sudah banyak dengan design yang baik dan rapi.
  2. Periksa tanda verifikasi atau username dari akun tersebut
    Akun resmi biasanya memiliki tanda verifikasi centang biru sebagai tanda akunnya diakui oleh pihak media sosial sebagai akun yang asli.
  3. Periksa likes dan comment dari gambar yang diposting
    Akun yang resmi akan memiliki jumlah likes/suka dan komentar yang banyak dari akun-akun sungguhan. Selain itu, jumlah likes yang dimiliki pun sebanding dengan followers yang dimiliki.
  4. Periksa kembali akun yang resmi melalui fitur search
    Akun yang resmi akan muncul di urutan pertama saat melakukan pencarian. Oleh karena itu, disarankan untuk memastikan akun yang resmi terlebih dahulu jika tidak yakin. Selain itu, pencarian akun social media yang resmi juga dapat dilihat melalui sumber yang dicantumkan pada situs/website resmi dari instansi yang ada.
  5. Periksa kembali tawaran yang diberikan
    Jangan mudah tergiur akan sebuah tawaran yang ada, informasi mengenai sebuah promosi/tawaran yang menggiurkan patut dicurigai kebenarannya. Periksa kembali mengenai informasi tersebut pada situs/platform lain yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan konfirmasi mengenai sebuah tawaran melalui layanan Customer Service disediakan.
  6. Gunakan fitur Tentang akun ini atau About this account untuk informasi mengenai akun tersebut
    Pada media sosial seperti Instagram, terdapat fitur yang menampilkan informasi mengenai akun tersebut seperti waktu bergabung dan negara asal. Pastikan info akun tidak mencurigakan. Kamu juga bisa memastikan tanda verifikasi akun melalui fitur ini.
  7. Pastikan website yang dikunjungi resmi sebelum melakukan login
    Sebelum melakukan login dengan memasukkan email dan password, pastikan situs yang dikunjungi merupakan situs yang resmi. Situs yang resmi memiliki ‘s’ dalam awalan alamat situs, yaitu ‘https://’. Selain itu, pastikan dalam alamat situs tersebut tidak terdapat kesalahan ejaan atau typo yang menyerupai situs aslinya. Alamat situs yang resmi biasanya tidak menampilkan nama penyedia layanan hosting website seperti blogspot atau wordpress pada alamat situs.

Fitur chat dibuat agar kamu dapat berkomunikasi lebih efektif dengan seller.

Berikut tips agar komunikasi yang kamu lakukan tetap aman:

  1. Jangan sembarangan klik tautan (link)
    Jika ada pihak yang memberikan informasi tautan (link), maka pastikan situs diawali dengan https://, jika tidak terdapat huruf ‘s’ maka dapat dipastikan situs tersebut tidak terjamin keamanannya.
    Contoh: situs resmi Blibli selalu memakai ‘s’ (https://blibli.com).
  2. Jangan memberikan informasi sensitif atau data pribadi ke pihak lain
    Waspadai situs palsu atau pihak lain yang meminta informasi data pribadi berupa email, username, password, nomor HP, dan atau kode verifikasi dengan alasan apa pun.
    Jika kamu memberikan informasi atau data pribadi maka hal ini dapat mengakibatkan akun kamu dikuasai atau disalahgunakan oleh pihak lain.
  3. Jangan mengirimkan foto yang tidak relevan
    Pastikan foto yang kamu kirim di chat sesuai dengan topik produk atau pesanan yang sedang dibahas. Foto yang dilarang adalah foto yang tidak pantas, mengandung unsur penyalahgunaan/spam, pornografi, bersifat ofensif terhadap ras, kebangsaan, jenis kelamin, preferensi seksual, atau disabilitas.
    Kalau kamu yang menerima foto tidak relevan, kamu bisa melaporkannya dari simbol di samping foto supaya bisa kami tindak lebih lanjut.
  4. Jangan melakukan transaksi di luar situs Blibli
    Pada saat berkomunikasi. mungkin saja ada pihak yang menawarkan harga lebih murah dan mengajak kamu melakukan pembayaran di luar situs Blibli. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kamu menolak agar terhindar dari tindak penipuan.
    Pastikan kamu hanya melakukan pembayaran ke nomor virtual atau rekening atas nama Blibli, bukan nomor rekening atas nama pihak lain atau nama pribadi.
    Karena Blibli tidak bertanggungjawab atas semua transaksi yang terjadi di luar sistem Blibli.

Jika terjadi indikasi penipuan dari pihak mana pun, segera hubungi Customer Care di 0804 1 871 871 atau email customer.care@blibli.com.

 

Info pemulihan akun digunakan untuk memulihkan akun kamu ketika kamu lupa kata sandi akun kamu atau pada waktu kamu mengganti nomor handphone kamu yang telah terverifikasi.

Pemulihan akun bertujuan untuk memastikan bahwa penggantian data akun dilakukan oleh pemilik akun tersebut, terutama saat nomor handphone utama yang terdaftar tidak tersedia (hilang/sudah tidak dipakai oleh pengguna akun).

Jika tidak menambahkan info pemulihan akun, penggantian nomor handphone hanya dapat dilakukan dengan cara menghubungi Customer Care Blibli melalui telepon di 0804 1 871 871 atau email di customer.care@blibli.com.

Kamu hanya dapat menambahkan info pemulihan akun setelah nomor HP kamu terverifkasi.

Ikuti cara berikut untuk menambahkan info pemulihan akun:

1. Masuk ke laman Profil lalu ke bagian bawah. Kamu akan melihat pesan yang menyarankan kamu untuk melindungi akun kamu, kamu bisa klik “Atur pemulihan akun“.

2. Masukkan email atau nomor HP alternatif kamu atau orang terdekat kamu.

3. Masukkan kode verifikasi (OTP) yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang terverifikasi pada akun terkait lalu klik “Verifikasi“.

4. Kamu berhasil menambahkan email atau nomor HP pemulihan setelah melihat pesan berhasil di layar perangkat kamu.

Ikuti cara berikut untuk mengubah nomor atau email pemulihan akun kamu:

1. Masuk ke menu Profil dan klik “Ubah” pada bagian “Email pemulihan” atau “Nomor HP pemulihan” di bawah layar kamu.

2. Masukkan email atau nomor HP alternatif kamu atau orang terdekat kamu.

3. Masukkan kode verifikasi (OTP) yang dikirimkan melalui SMS ke nomor HP yang terverifikasi pada akun terkait lalu klik “Verifikasi“.

4. Kamu berhasil mengubah email atau nomor HP pemulihan setelah melihat pesan berhasil di layar perangkat kamu.

Selengkapnya mengenai kendala akun

Dengan mengatur pemulihan akun, kamu dapat menikmati keuntungan seperti:

  1. Meningkatkan keamanan akun Blibli
  2. Mendapatkan notifikasi lewat SMS dan email jika ada perubahan pada akun kamu
  3. Mendapatkan kode verifikasi jika kamu kehilangan akses masuk ke akun kamu
  4. Memastikan identitas kamu jika sewaktu-waktu nomor HP kamu tidak dapat digunakan atau hilang.