Produk diterima

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengisi ulasan produk:

1. Masuk ke akun Blibli kamu

2. Pilih menu “Ulasan” kemudian klik tab “Belum diulas

 

Blibli-FAQ-Belum-Diulas-2021

 

3. Ada dua cara untuk menulis ulasan

a. Ulas produk satu per satu
Pilih produk yang ingin kamu ulas dan klik tombol “Tulis ulasan”.

Blibli-FAQ-Ulasan-2020-1

 

b. Ulas banyak sekaligus
Centang kotak di samping produk, lalu klik tombol ulas produk untuk mengirim banyak ulasan sekaligus. 

Blibli_FAQ_Ulasan_Multiple_Gr

Fitur ini tersedia di desktop, mobile web, dan aplikasi (versi 9.0.0 atau yang lebih baru). 

 

4. Pilih jumlah bintang yang ingin kamu berikan lalu isi kolom komentar, judul, dan foto, lalu klik Kirim ulasan

 

Blibli-FAQ-Ulasan-Rating-2020

 

5. Setelah ulasan terkirim, kamu akan melihat pesan terima kasih seperti ini.

 

Blibli-FAQ-Ulasan-Rating-Sent-2020

 

Kamu mendapatkan 20 poin Blibli Rewards setiap kali menulis komentar ulasan (di atas 25 karakter) dan 30 poin setiap kali mencantumkan foto yang relevan. Penambahan poin berlaku untuk produk bernilai Rp50.000 ke atas. Poin akan masuk ke akunmu setelah foto dan ulasanmu berhasil tampil.

Jika kamu mengirim ulasan lebih dari 1 kali untuk produk yang sama, poin yang kamu dapat adalah poin dari ulasan yang pertama kali tampil di halaman produk.

 

Jika ingin melihat produk-produk yang pernah kamu ulas, kamu bisa cek tab “Sudah diulas” di halaman Ulasan.

 

Blibli-FAQ-Ulasan-2021

 

 

1. Jumlah Blibli Rewards kamu bisa dilihat dari berbagai tempat:

Dari beranda, kamu bisa lihat dari jumlah poin kamu di ujung kanan atas. Klik untuk lihat detailnya.

Blibli-FAQ-Rewards-2021

 

Dari akun, kamu bisa lihat dari bagian “Rewards“. Klik untuk lihat detailnya.

Blibli-FAQ-Rewards-2021-1

 

2. Setelah masuk ke halaman Blibli Rewards, kamu bisa cek detail Blibli Rewards, aktivitas, dan voucher yang bisa kamu tukar.

 

Blibli-FAQ-Rewards-2021-2

 

 

 

Pengembalian produk dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli kamu, lalu pilih menu Pengembalian” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pilih tab “Selesai” pada bagian Pesanan Retail dan klik produk yang ingin kamu kembalikan. Lalu pilih “Ajukan Kendala Produk” dan lengkapi form pengembalian produk.

Form Retur 1
1.1. Klik “Ajukan Kendala Produk“ pada produk yang ingin dikembalikan

 

 

Form Retur 2
1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan

 

Form Retur 3
1.3. Ubah kuantiti produk yang mengalami kendala, kemudian klik “Lanjutkan”

 

Form Retur 4
1.4. Pilih “Jenis Kendala Produk”, tulis detail permasalahan kamu pada kolom “Deskripsikan Kendalanya”, pilih “Solusi yang Diinginkan”, dan “Metode Retur”. Kemudian unggah bukti foto produk yang ingin kamu kembalikan pada bagian “Bukti Gambar”. Bila bukti kendala kerusakan yang kamu miliki berupa video, kamu harus tetap mengunggah 1 foto produk. Kemudian lampirkan bukti video pada bagian “Deskripsi Keluhan” atau kirimkan via email ke Customer Care Blibli (selengkapnya dapat dilihat pada bagian catatan di bawah). Bila Solusi yang kamu pilih adalah “Tukar Produk”, kami menyediakan fitur self-replacement (kolom “Penukaran Produk”) yang memungkinkan kamu dapat memilih penggantian dengan produk yang sama, produk sama dengan varian berbeda (beda ukuran atau warna) , atau produk yang berbeda. Selengkapnya mengenai self-replacement dapat dilihat pada link berikut.

 

Form Retur 5
1.5. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Ajukan”.

 

Form Retur 6
1.6. Kamu akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Kamu dapat mengunduh label pengembalian produk kamu pada “Cetak Label Pengembalian”.

 

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com kamu, lalu pilih tab Pengembalian Produk” dan pilih “Ajukan Pengembalian”. Kemudian pada tab Belanja pilih “Pesanan Selesai” dan klik produk yang ingin kamu kembalikan. Lalu pilih “Ajukan Kendala Produk” dan lengkapi form pengembalian produk.

Apps 1
1.1. Klik “Ajukan Kendala Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
Apps 2
1.2. Centang produk yang ingin kamu kembalikan dan ubah kuantiti sesuai dengan jumlah produk yang mengalami kendala.
Apps 3
1.3. Pilih “Jenis Kendala Produk”, tulis detail permasalahan kamu pada kolom “Deskripsikan Kendalanya”, kemudian unggah bukti foto produk yang ingin kamu kembalikan pada bagian “Bukti Gambar”. Bila bukti kendala kerusakan yang kamu miliki berupa video, kamu harus tetap mengunggah 1 foto produk. Kemudian lampirkan bukti video pada bagian “Deskripsi Keluhan” atau kirimkan via email ke Customer Care Blibli (selengkapnya dapat dilihat pada link berikut).
Apps 4
1.4. Pilih “Solusi yang Diinginkan”, dan “Metode Retur”. Bila Solusi yang kamu pilih adalah “Tukar Produk”, kami menyediakan fitur self-replacement (kolom “Penukaran Produk”) yang memungkinkan kamu dapat memilih penggantian dengan produk yang sama, produk sama dengan varian berbeda (beda ukuran atau warna) , atau produk yang berbeda. Selengkapnya mengenai self-replacement dapat dilihat pada link berikut. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Kirim PEngajuan”.
Apps 5
1.5 Kamu akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Kamu dapat mengunduh label pengembalian produk kamu pada “Cetak Label Pengembalian”.

Catatan:

Bila bukti kendala kerusakan yang kamu miliki berupa video, kamu dapat melampirkan video tersebut melalui 2 cara:

1.Unggah ke cloud server dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Unggah bukti video ke cloud server/media penyimpanan daring dan dapatkan tautan/link yang dapat dibagikan.
  • Taruh link tersebut pada kolom “Deskripsikan Kendalanya” pada form pengajuan kendala. Kamu juga dapat memberikan sedikit penjelasan mengenai kendala yang kamu temukan pada kolom ini.
  • Pastikan tautan/link yang kamu taruh tidak terpotong, agar kami dapat mengakses video tersebut.

2.Kirim video melalui email

  • Pada bagian subjek tulis: “Bukti Video Kendala [Nomor Order Kamu] / [RMAxxxx / nomor laporan kamu]”
  • Lampirkan video kamu pada badan email. (Maksimal kapasitas video yang bisa dikirimkan per email adalah 25Mb. Sebelum melampirkan video, pastikan ukuran video kamu tidak lebih dari 25Mb untuk menghindari gagal kirim email.)
  • Pada badan email kamu juga dapat memberikan sedikit penjelasan mengenai kendala produk yang kamu temukan.
  • Pastikan kembali nomor order atau nomor laporan sudah tercantum pada bagian subjek dan besar video kamu tidak lebih dari 25Mb.
  • Kirimkan email tersebut ke customer.care@blibli.com

2. Kirim produk yang ingin dikembalikan

Kemas dan kirim produk yang ingin dikembalikan ke warehouse retur Blibli.com. Pastikan produk terbungkus rapi lengkap dengan pelindung dan beri label pengiriman sesuai dengan informasi alamat warehouse return yang muncul saat kamu selesai mengisi form pengajuan kendala.

Saat ini kami memiliki 6 warehouse return yang berada di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, Semarang, Bandung, dan Yogyakarta.

Warehouse Retur Jakarta

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jl. Dewi Sartika No 184, Kramat Jati – Cawang

Jakarta Timur, 13630

No. Pengembalian: [no. pengembalian kamu]

No. Handphone: [no. handphone kamu]

Warehouse Retur Surabaya

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jalan Berbek Industri I Kav 5-19, Desa Berbek, Kecamatan Waru – Sidoarjo

Jawa Timur, 61256

No. Pengembalian: [no. pengembalian kamu]

No. Handphone: [no. handphone kamu]

Warehouse Retur Medan

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Kawasan MMTC Warehouse Blok I Jalan Pasar V Barat,

Kenangan Baru – Percut Sei Tuan,

Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, 20374

No. Pengembalian: [no. pengembalian kamu]

No. Handphone: [no. handphone kamu]

Warehouse Retur Semarang

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jalan ketileng Raya No. 28 (masuk melalui gerbang di sebalah kanan Alfamidi Ketileng),

Sendangmulyo – Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50272

 No. Pengembalian: [no. pengembalian kamu]

No. Handphone: [no. handphone kamu]

Warehouse Retur Bandung

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jalan Ibrahim Adjie No. 338, Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal,

Kota Bandung, 40275

No. Pengembalian: [no. pengembalian kamu]

No. Handphone: [no. handphone kamu]

Warehouse Retur Yogyakarta

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jalan Kebon Agung No. 127, Kelurahan Sendangadi, Kecamatan Mlati,

Kab. Sleman, DI Yogyakarta, 55285

No. Pengembalian: [no. pengembalian kamu]

No. Handphone: [no. handphone kamu]

Kamu akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam satu hari setelah kami menerima produk kamu.

Selengkapnya mengenai metode pengembalian produk ke Blibli.com dapat kamu lihat pada artikel berikut

Atau baca artikel pengembalian produk lainnya

 

Tonton video berikut untuk melihat ilustrasi proses pengembalian produk

Blibli menawarkan 4 macam solusi; tukar produk, refund (pengembalian dana), saldo cashback Blipay, dan solusi lainnya (pengiriman kekurangan/kelengkapan produk, pengembalian kelebihan, dan service).

Jika kamu telah melakukan proses pengembalian produk namun produk pengganti tidak tersedia, maka kami akan berikan solusi refund.

Jika kamu mengajukan pengembalian dengan alasan ‘Ukuran kebesaran/kekecilan’, ‘Ketemu harga lebih murah di tempat lain’, ‘Salah beli’, Tidak lagi membutuhkan produk ini, atau ‘Produk tidak sesuai ekspektasi’, maka pengembalian dana hanya bisa diberikan dalam bentuk saldo cashback Blipay.

Berikut pilihan solusi pengembalian berdasarkan alasan pengembalian:

Tabel Solusi Retur - Sep 2022

 

Selengkapnya mengenai solusi pengembalian.