Pengiriman

Pelajari layanan dasar pengiriman yang disediakan Blibli.com

Sub Topik

Apabila produk sudah diproses oleh merchant, maka pembatalan sudah tidak bisa dilakukan. Anda bisa menanyakan lebih detail kepada Customer Care Blibli.com

Produk yang bisa dibeli untuk mendapatkan gratis ongkir adalah produk reguler, yaitu produk dengan berat kurang dari 50 kg yang tidak memerlukan instalasi atau penanganan khusus. Gratis ongkir tidak berlaku untuk tipe Big Product dan BOPIS.

free shipping, free ongkir, gratis ongkos kirim, gratis biaya pengiriman, gratis biaya kirim

Ya, apabila barang rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi produk. Namun pengembalian produk karena pembatalan transaksi dan pengiriman melebihi estimasi tidak diperbolehkan untuk produk yang dikirimkan dari luar negeri. (Ketentuan pengembalian produk selengkapnya dapat dilihat di sini).

Untuk sementara waktu tracking bisa ditanyakan ke Customer Care Blibli.com.

• SameDay merupakan layanan pengiriman di hari yang sama terhitung 6 – 8 jam sejak pembayaran terverifikasi dan diproses oleh merchant partner Blibli.com atau gudang Blibli.com, layanan ini tersedia hingga pukul 15:00 pada hari kerja. Kurir akan melakukan pick-up dengan estimasi maksimal pick-up 3 jam sejak mendapatkan kurir. Estimasi proses pengiriman maksimal 5 jam sejak kurir melakukan pick-up. Layanan SameDay didukung oleh Blibli Express, GO-SEND, dan GRAB-EXPRESS

• Instant merupakan layanan pengiriman di hari yang sama yang memastikan pesanan sampai paling lambat 4 jam sejak pembayaran terverifikasi dan diproses oleh merchant partner Blibli.com atau gudang Blibli.com, layanan ini tersedia hingga pukul 15:00 pada hari kerja. Layanan SameDay didukung oleh GO-SEND dan GRAB-EXPRESS

Layanan SameDay & Instant hanya dapat digunakan untuk pengiriman dari dan ke wilayah tertentu

GO-SEND adalah layanan pengiriman cepat yang dimotori oleh GO-JEK. Produk yang dipesan dengan pengiriman GO-SEND akan sampai maksimal 1 hari setelah pembayaran order terverifikasi. Pengiriman GO-SEND hanya dapat dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat).

GRAB-EXPRESS adalah layanan pengiriman cepat yang dimotori oleh Grab. Produk yang dipesan dengan pengiriman GRAB-EXPRESS akan sampai maksimal 1 hari setelah pembayaran order terverifikasi. Pengiriman GRAB-EXPRESS hanya dapat dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat).

• Sameday: Jabodetabek

• Instant:

Pulau & ProvinsiArea
DKI JakartaSeluruh Jakarta
BantenSerang, Tangerang
Jawa BaratBogor
Bekasi
Karawang
Sukabumi
Bandung
Sumedang
Tasikmalaya
Garut
Purwakarta
Cirebon
Jawa Tengah &
DI Yogyakarta
Yogyakarta
Cilacap
Magelang
Solo
Semarang
Pekalongan
Purwokerto
Salatiga
Tegal
Jawa TimurBanyuwangi
Jember
Kediri
Madiun
Sidoarjo
Mojokerto
Malang
Probolinggo
Surabaya
Salatiga
Gresik
SumateraBanda Aceh
Medan
Pematang Siantar
Bukittinggi
Padang
Palembang
Batam
Pekanbaru
Jambi
Bandar Lampung
KalimantanPontianak
Banjarmasin
Balikpapan
Samarinda
SulawesiManado, Makassar
Bali &
Nusa Tenggara
Denpasar, Kuta, Mataram

• GO-SEND hanya dapat digunakan dalam satu area yang sama. Contoh: Anda tinggal di Jakarta, maka Anda hanya bisa melakukan pembelian di merchant area Jakarta dengan jarak maksimal 40km. Anda bisa mengecek lokasi merchant di bagian Pilihan Pengiriman di laman Detail Produk.

 

• GRAB-EXPRESS Sameday: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

• GRAB-EXPRESS hanya dapat digunakan dalam satu area yang sama. Contoh: Anda tinggal di Jakarta, maka Anda hanya bisa melakukan pembelian di merchant area Jakarta dengan jarak maksimal 40km. Anda bisa mengecek lokasi merchant di bagian Pilihan Pengiriman pada laman Detail Produk.

 

1. Layanan Sameday Jabodetabek dengan tarif sebagai berikut:

  • Jarak pengiriman 0 – 15 km: tarif Rp 15.000
  • Jarak pengiriman 15 .01 – 30 km: tarif Rp 20.000
  • Jarak pengiriman > 30 km: tarif Rp 25.000

2. Layanan Instant Jabodetabek: tarif pengiriman Rp 20.000 (untuk 8 km pertama) + Rp 2.500/ km berikutnya.

3. Layanan Instant di luar Jabodetabek: tarik pengiriman flat sebesar Rp 15.000

CATATAN:

Customer  membayar ongkos kirim saat melakukan pembayaran pesanan. Saat kurir mengantarkan paket, customer tidak perlu membayar lagi (kecuali tips).

Jika ada kurir yang menagihkan ongkir, mohon tidak memberikan uang dan segera infokan ke pihak Blibli.com untuk ditindaklanjuti. Pihak Blibli.com dan GO-SEND tidak bertanggung jawab atas uang yang diberikan customer ke kurir dan tidak dapat mengembalikan uang ke customer karena uang tersebut dianggap tips.

Layanan Sameday menggunakan GRAB-EXPRESS menerapkan tarif pengiriman sebesar Rp 15.000/ paket untuk jarak pengiriman sampai dengan 15 KM dan 20.000/ paket untuk jarak pengiriman diatas 15 km

Anda akan menerima SMS di nomor handphone yang telah terverifikasi jika produk sudah dalam pengiriman. Anda dapat mengecek status melalui link yang terlampir dalam SMS tersebut.

Anda juga dapat melacak dari menu Pesanan di akun Anda.

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND
Klik “Lacak proses pengiriman”

 

2. Pada laman berikutnya Anda akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND
Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
1.1. Masuk ke menu Pesanan
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
1.2. Klik “Lacak proses pengiriman”

2. Pada laman berikutnya Anda akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

Masuk ke menu Pesanan
Klik “Lacak proses pengiriman”

 

2. Pada laman berikutnya Anda akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

 

Anda akan menerima SMS di nomor handphone yang telah terverifikasi jika produk sudah dalam pengiriman. Anda dapat mengecek status melalui link yang terlampir dalam SMS tersebut. Anda juga dapat melacak dari menu Pesanan di akun Anda.

Anda juga dapat melacak dari menu Pesanan di akun Anda.

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND
Klik “Lacak proses pengiriman”

 

2. Pada laman berikutnya Anda akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND
Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
1.1. Masuk ke menu Pesanan
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
1.2. Klik “Lacak proses pengiriman”

2. Pada laman berikutnya Anda akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

Masuk ke menu Pesanan
Klik “Lacak proses pengiriman”

 

2. Pada laman berikutnya Anda akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

 

Anda dapat menghubungi kurir GO-SEND secara langsung melalui menu Pesanan, bagian Lacak Posisi Pengiriman pada Detail Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND
1. Klik “Lacak proses pengiriman”

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND
Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
1. Masuk ke menu Pesanan
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
2. Klik “Lacak proses pengiriman”
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
3. Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

1. Masuk ke menu Pesanan
2. Klik “Lacak proses pengiriman”
3. Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

 

Anda juga dapat menghubungi customer care GO-SEND di (021) 5055 2220

Anda dapat menghubungi kurir GRAB-EXPRESS secara langsung melalui menu Pesanan, bagian Lacak Posisi Pengiriman pada Detail Pesanan. Anda juga dapat menghubungi customer care GRAB-EXPRESS di (021) 8064-8788

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memilih metode pengiriman GO-SEND:

1. Cari barang yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian Filter “Metode Pengiriman: Instant / SameDay”.

 

 

2. Pada laman pengiriman, pastikan Anda sudah memilih titik lokasi peta di alamat pengiriman yang dituju

 

2.1. Klik “Pilih titik lokasi alamat Anda”

 

2.2. Klik “Tambahkan Titik Lokasi”
2.3. Pilih titik lokasi alamat lalu klik “Gunakan lokasi sesuai tanda”

 

3. Pilih metode pengiriman GO-SEND Instant atau SameDay (biaya pengiriman akan otomatis dihitung ke dalam total transaksi)

 

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk melanjutkan

 

1. Cari barang yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian Filter “Pengiriman: Instant / SameDay”, kemudian klik “Selesai

 



 

2. Pada laman pengiriman, pastikan Anda sudah memilih titik lokasi peta di alamat pengiriman yang dituju

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
2.1. Klik “Pilih titik lokasi alamat Anda”
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
2.2. Klik “Tambahkan titik lokasi pada alamat Anda”
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
2.3. Pilih titik lokasi alamat lalu klik “Gunakan lokasi sesuai tanda”

 

3. Pilih metode pengiriman “Instant” atau “SameDay” (biaya pengiriman akan otomatis dihitung ke dalam total transaksi)

 

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk melanjutkan

 

 

1. Cari barang yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian Filter “Pengiriman: Instant / SameDay

1.1. Pilih “Filter” pada aplikasi Blibli.com
1.2. Pilih Filter “Pengiriman”

 

1.3. Tandai metode pengiriman yang diinginkan, kemudian klik “Simpan”

 

2. Pada laman pengiriman, pastikan Anda sudah memilih titik lokasi peta di alamat pengiriman yang dituju

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Apps
2.1. Klik “Tambahkan peta pada alamat Anda”
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Apps
2.2. Tentukan titik lokasi lalu klik “Pilih lokasi ini”

 

3. Pilih metode pengiriman “Instant” atau “SameDay” (biaya pengiriman akan otomatis dihitung ke dalam total transaksi)

 

 

4. Klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memilih metode pengiriman GRAB-EXPRESS:

1. Cari barang yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian Filter “Metode Pengiriman: Instant / SameDay

 

 

2. Pada laman pengiriman, pastikan Anda sudah memilih titik lokasi peta di alamat pengiriman yang dituju

 

2.1. Klik “Pilih titik lokasi alamat Anda”
2.2. Klik “Tambahkan titik lokasi”
2.3. Pilih titik lokasi alamat lalu klik “Gunakan lokasi sesuai tanda”

3. Pilih metode pengiriman GRAB Instant atau SameDay (biaya pengiriman akan otomatis dihitung ke dalam total transaksi)

 

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk melanjutkan

 

1. Cari barang yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian Filter “Pengiriman: Instant / SameDay”, kemudian klik “Selesai

 



 

2. Pada laman pengiriman, pastikan Anda sudah memilih titik lokasi peta di alamat pengiriman yang dituju

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
2.1. Klik “Pilih titik lokasi alamat Anda”
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
2.2. Klik “Tambahkan titik lokasi pada alamat Anda”
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
2.3. Pilih titik lokasi alamat lalu klik “Gunakan lokasi sesuai tanda”

 

3. Pilih metode pengiriman “Instant” atau “SameDay” (biaya pengiriman akan otomatis dihitung ke dalam total transaksi)

 

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk melanjutkan

 

 

1. Cari barang yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian Filter “Metode Pengiriman: GRAB-EXPRESS”.

1.1. Pilih “Filter” pada aplikasi Blibli.com
1.2. Pilih Filter “Pengiriman”
1.3. Tandai metode pengiriman yang diinginkan, kemudian klik “Simpan”

 

2. Pada laman pengiriman, pastikan Anda sudah memilih titik lokasi peta di alamat pengiriman yang dituju

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Apps
2.1. Klik “Tambahkan peta pada alamat Anda”
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Apps
2.2. Tentukan titik lokasi lalu klik “Pilih lokasi ini”

 

3. Pilih metode pengiriman “Instant” atau “SameDay” (biaya pengiriman akan otomatis dihitung ke dalam total transaksi)

 

 

4. Klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan

 

• Total maksimum berat produk yang dikirim adalah 7 kg

• Ukuran maksimum produk adalah 40cm (panjang) x 40cm (lebar) x 20cm (tinggi)

• Jarak maksimum pengiriman dari lokasi penjual adalah 40km

• Penjual akan memproses pesanan pukul 08.00 – 15.00 WIB

• Jika penjual melakukan fulfillment bukan di hari kerja (weekend & hari libur nasional), sistem Blibli.com akan melakukan pencarian driver otomatis pada hari kerja berikutnya mulai dari pukul 08.00

• Pembeli tidak perlu membayar biaya pengiriman ke kurir GRAB-EXPRESS. Pembayaran biaya pengiriman dilakukan saat checkout pembayaran.

• Total maksimum berat produk yang dikirim adalah 7 kg

• Ukuran maksimum produk adalah 40cm (panjang) x 40cm (lebar) x 17cm (tinggi)

• Jarak maksimum pengiriman dari lokasi penjual adalah 40km

• Penjual akan memproses pesanan pukul 08.00 – 15.00 WIB

• Jika penjual melakukan fulfillment bukan di hari kerja (weekend & hari libur nasional), sistem Blibli.com akan melakukan pencarian driver otomatis pada hari kerja berikutnya mulai dari pukul 08.00

• Pembeli tidak perlu membayar biaya pengiriman ke kurir GO-SEND. Pembayaran biaya pengiriman dilakukan saat checkout pembayaran.

Ya, ada.

Sesuai peraturan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mengenai Ketentuan Barang Kiriman yang berlaku saat ini, untuk transaksi pembelian produk dari luar negeri dengan nilai total transaksi di atas USD75/hari/penerima akan dikenakan bea masuk dan pajak impor. Bea masuk dan pajak impor tersebut wajib ditanggung sepenuhnya oleh customer. Apabila customer tidak bersedia untuk membayar kewajiban bea masuk & pajak impor tersebut, maka produk akan disita oleh pihak Bea Cukai dan Blibli.com tidak dapat melakukan refund dalam bentuk apapun kepada customer.

Contoh: pada tanggal 15 Januari 2019 Anda menerima 2 produk pesanan yang Anda beli dari luar negeri. Produk pertama yang Anda beli dari Blibli.com bernilai USD50, sementara produk kedua yang Anda beli dari penyedia layanan lain bernilai USD30, maka Anda akan dikenakan bea masuk dan pajak impor karena total produk transaksi yang diterima pada hari itu bernilai di atas USD75.