Blibli Tukar Tambah

Sub Topik

Potongan tukar tambah adalah harga produk lama kamu yang kami gunakan dalam program Tukar Tambah untuk mengurangi harga awal produk baru yang ingin kamu beli.

Potongan tukar tambah ini akan langsung kami gunakan untuk memotong harga produk baru kamu setelah kamu memasukkan informasi merek, tipe, serta IMEI untuk produk Handphone dan tablet, informasi merek serta ukuran untuk produk Televisi, informasi tipe dan jenis untuk produk PS dan judul game Nintendo switch.

Khusus kategori Handphone dan tablet, harga potongan tukar tambah ada 2 jenis, yaitu harga sebelum melakukan pengecekan kualitas dan harga dengan melakukan pengecekan kualitas . Harga potongan tukar tambah dapat berubah menjadi lebih tinggi setelah kamu melakukan pengecekan kualitas dengan produk lama kamu, yang hanya dapat dilakukan apabila bertransaksi melalui aplikasi Blibli.

Setelah melalukan proses pemesanan produk dengan layanan Blibli Tukar Tambah, produk lama kamu akan kami jemput pada waktu yang bersamaan dengan pengiriman produk baru kamu. Kami tiba dalam maksimal 7 hari kerja setelah kamu melakukan proses pembayaran.

Pastikan kamu sudah melakukan pembersihan pin, password/sandi, akun, dan back-up data sebelum jadwal yang ditentukan. Kami tidak bertanggungjawab atas kehilangan data yang terjadi setelah proses penukaran berhasil.

Tidak. Produk lama yang kamu serahkan saat proses pengecekan oleh kurir harus sama dengan informasi yang kamu berikan saat melakukan proses pemesanan. Kurir akan melakukan verifikasi merek dan tipe produk. Bila ada ketidaksesuaian maka proses penukaran akan dibatalkan dan kurir kami tidak dapat memberikan produk baru kepada kamu.

Pada Delivery Location Page (Halaman Lokasi Pengiriman), pilih lokasi pengiriman dan kota yang kamu inginkan. Apabila layanan Blibli Tukar Tambah tersedia di lokasi kamu, maka akan muncul informasi yang menyatakan bahwa Blibli Tukar Tambah tersedia didaerahmu setelah itu kamu akan diarahkan ke proses pemesanan berikutnya.

Ya, untuk saat ini kamu dapat melakukan Tukar Tambah TV offline melalui Blibli Instore pada toko-toko yang telah berpartisipasi. Untuk produk lainnya seperti handphone, AC, PS, Laptop, Nintendo Switch, kulkas, dan mesin cuci hanya dapat dilakukan secara online, yaitu pemesanan melalui website atau aplikasi Blibli.

Produk lama kamu akan kami jemput pada waktu yang bersamaan ketika kami mengirimkan produk baru yang kamu beli dengan layanan Blibli Tukar Tambah. Kamu dapat langsung menyerahkan produk lama kamu kepada kurir yang tiba. Kurir akan melalukan pengecekan pada produk lama kamu  Bila tidak ada kendala, maka kurir akan langsung memberikan produk baru kepada kamu.

Pastikan kamu sudah melakukan pembersihan pin, password/sandi, akun, dan back-up data pribadi pada produk lama kamu sebelum kurir tiba. Kami tidak bertanggungjawab atas kehilangan data yang terjadi setelah proses penukaran berhasil.

Kurir kami akan melakukan verifikasi terhadap informasi yang kamu berikan saat kamu melakukan proses pesanan dengan layanan Blibli Tukar Tambah. Untuk produk handphone, pengecekan tersebut meliputi beberapa hal berikut:

  • IMEI
  • Merek dan model produk lama kamu
  • Kondisi fisik dan fungsi Handphone/Tablet lama kamu, untuk memastikan:
    • Handphone/Tablet dapat menyala dan masuk ke halaman utama
    • Kondisi fisik secara keseluruhan:
      • Tidak ada yang retak, pecah, patah, penyok, atau gompal (bagian mana pun)
      • Tidak ada tombol yang hilang (bagian mana pun)
      • Tidak ada bekas terbakar (bagian mana pun)
      • Tidak ada kerusakan pada lubang jack dan port adaptor
    • Kondisi layar:
      • Tidak ada bercak, dot pixel/defective pixel/bintik hitam baik besar maupun kecil
      • Tidak ada masalah pada kualitas layar (bergaris, berbayang, bocor atau bleeding)
      • Tidak renggang atau terangkat
    • Fungsi:
      • Tombol volume dapat berfungsi
      • Tombol home dapat berfungsi
      • Tombol Power dapat berfungsi
      • Bersih dari username/password/PIN dalam bentuk apa pun
      • Dapat di-charge secara normal
      • Setelah di-factory reset/penghapusan semua data, handphone/tablet bersih dari akun pribadi seperti iCloud, Google Account, Samsung Account, Mi Account, dan sebagainya
    • Apabila kurir menemukan kendala seperti di atas/sejenis pada produk lama kamu, maka proses tukar tambah tidak akan dilanjutkan (produk lama tidak akan kami bawa, dan produk baru tidak dapat kami berikan.)
  • Merek dan ukuran TV lama kamu
  • Jenis TV adalah Smart TV/LED TV/LCD TV/Plasma TV, bukan TV tabung
  • Kondisi fisik dan fungsi TV lama kamu, untuk memastikan:
    • TV dapat menyala dan berfungsi
    • Kondisi fisik secara keseluruhan:
      • Tidak ada bagian yang retak, pecah, patah, penyok, dan renggang
      • Tidak ada tombol yang hilang (bagian mana pun)
      • Tidak ada bekas terbakar (bagian mana pun)
    • Kondisi layar:
      • Tidak ada bercak, dot pixel/defective pixel/bintik kecil
      • Tidak bergaris, berbayang, dan redup
    • Fungsi:
      • Tombol dapat berfungsi
      • Bersih dari username/password/PIN dalam bentuk apapun
      • Bersih dari akun pribadi seperti Google Account, Samsung Account, Mi Account, dan sebagainya
    • Pastikan TV dalam keadaan terlepas dari bracket/penyangga dan kelengkapannya dalam keadaan siap untuk dapat diperiksa dan dibawa oleh kurir.
    • Apabila kurir menemukan kendala pada produk lama kamu, maka proses tukar tambah tidak akan dilanjutkan (produk lama tidak akan kami bawa, dan produk baru tidak dapat kami berikan.)
  • Tipe PS lama kamu
  • Kondisi fisik dan fungsi PS lama kamu, untuk memastikan:
    • PS dapat menyala
    • Kondisi fisik secara keseluruhan:
      • Tidak ada bagian yang retak, pecah, patah, penyok, dan renggang
      • Tidak ada tombol yang hilang (bagian mana pun)
      • Tidak ada bekas terbakar (bagian mana pun)
    • Tersedia kelengkapan sebagai berikut:
      • PS lama yang akan ditukar
      • 1 buah stick PS yang masih berfungsi
      • Kabel power dan HDMI/AV
      • Game yang dapat dimainkan (hanya untuk pengecekan)
    • Dapat berfungsi dengan baik seperti seharusnya
  • Apabila kurir menemukan kendala pada produk lama kamu, maka proses tukar tambah tidak akan dilanjutkan (produk lama tidak akan kami bawa, dan produk baru tidak dapat kami berikan.)
  • Kelengkapan box game, cover pada box (depan dan belakang), dan cartridge game switch
  • Tidak ada bagian yang pecah, patah, penyok, sobek dan kotor/karat baik pada box maupun cartridge
  • Judul game Switch pada fisik sesuai dengan judul yang dipilih pelanggan pada aplikasi
  • Judul pada cover dan cartridge sesuai
  • Game dapat dimainkan pada konsol Switch customer selama 10 detik (akan dilakukan bersama pelanggan)
  • Kondisi AC split.
  • Kelengkapan Indoor AC, Outdoor AC, dan remote AC.
  • Merek dan prosesor laptop
  • Kondisi fisik perangkat
  • Kondisi keyboard/papan ketik
  • Kondisi tampilan layar
  • Akun Windows pada laptop
  • Kelengkapan berupa baterai, adaptor, dan kabel power
  • Jenis kulkas (kulkas satu pintu, kulkas dua pintu, mini fridge dan kulkas side by side)
  • Lampu kulkas dan mesin kulkas saat tersambung dengan listrik (lampu menyala dan atau bergetar/berbunyi saat menyala)
  • Pintu kulkas harus dapat tertutup dengan rapat
  • Karet pintu wajib menempel pada pintu
  • Kompresor kulkas
  • Rak kulkas (minimal 2 pcs) dan 1 pcs bak sayur
  • Merk kulkas

Berikut ketentuan kondisi produk yang dapat ditukar:

  • Jenis mesin cuci (1 tabung)
  • Lampu mesin cuci ketika listrik disambungkan dan ditekan tombol on/off
  • Spinning/drum
  • Pintu atau tutup mesin cuci (engsel pintu dalam keadaan yang baik dan tidak boleh patah, pecah atau retak)
  • Merk mesin cuci

 

Tidak bisa. Kamu tidak bisa mengirimkan produk lama kamu terlebih dahulu sebelum jadwal yang ditentukan. Bila kamu memiliki kendala dengan jadwal yang telah ditentukan, silakan hubungi Customer Care Blibli pada nomor 0804 1 871 871, email [email protected], atau melalui live chat.

Saat ini tidak bisa. Produk lama yang kamu tukar dan produk baru yang akan kamu beli harus termasuk ke dalam kategori yang sama.

Tidak. Kamu hanya dapat menukarkan 1 produk lama kamu untuk 1 produk baru yang kamu tukarkan dalam kategori produk yang sama.

Pesanan Tukar Tambah dapat dibatalkan karena beberapa alasan berikut:

  • Produk tidak dapat menyala dan/atau tidak bisa masuk ke home screen
  • IMEI Handphone lama kamu yang diberikan ke kurir berbeda dengan IMEI yang tercatat di sistem.
  • Kondisi produk lama kamu, meliputi kondisi fungsi dan fisik seperti:
    • Terdapat dot pixel (defective pixel/titik kecil pada layar)
    • Terdapat bercak pada layar
    • Layar bergaris
    • Layar berbayang
    • Layar bleeding (merah, hijau, kuning, pink, ungu / warna lainnnya)
    • Kebocoran LCD
    • Retak, pecah, patah, penyok, dan gompal (bagian mana pun)
    • Layar renggang atau terangkat
    • Back case/cover belakang renggang/terangkat
    • Mati total
    • Tombol hilang (bagian mana pun)
    • HP bekas kebakar (bagian mana pun)
    • Tombol power tidak berfungsi
    • Volume tidak berfungsi
    • Home button hilang
    • Kerusakan pada lubang jack dan port adaptor
  • Produk masih memiliki username/password/pin pada layar/screenlock dan akun pribadi seperti iCloud dan/atau Apple ID, MiCloud, Samsung Account, atau Google Account.
  • Adanya indikasi kecurangan / fraud / tindakan penyalahgunaan yang dapat merugikan pihak Blibli.
  • Brand dan ukuran TV tidak sesuai.
  • Produk tidak dapat menyala dan berfungsi.
  • Jenis TV lama TV tabung.
  • Kondisi fisik secara keseluruhan:
    • Terdapat bagian yang retak, pecah, patah, penyok dan renggang
    • Terdapat tombol yang hilang (bagian manapun)
  • Kondisi layar:
    • Layar yang memiliki bercak, dot pixel/defective pixel/bintik kecil
    • Layar yang bergaris, berbayang, dan redup
  •  Fungsi:
    • Tombol tidak dapat berfungsi
    • Terdapat username/password/pin dalam bentuk apapun
    • Terdapat akun pribadi seperti Google Account, Samsung Account, Mi Account, dan sebagainya
  • TV dalam keadaan masih ada bracket/penyangga dan tidak terdapat kelengkapan yang bisa diperiksa dan dibawa oleh kurir.
  • Apabila kurir menemukan kendala pada produk lama kamu, maka produk baru tidak akan kami berikan kepada kamu dan proses tukar tambah untuk produk baru kamu tidak akan dilanjutkan.
  • Adanya indikasi kecurangan / fraud / tindakan penyalahgunaan yang dapat merugikan pihak Blibli.
  • Produk tidak dapat menyala.
  • Produk PS yang ditukarkan tidak dapat berfungsi baik seperti seharusnya dan memiliki kerusakan fisik parah (Seperti pecah, patah, penyok, retak, dan body renggang).
  • PS tidak Lengkap seperti:
    • PS lama yang akan ditukar tidak ada
    • Tidak ada stick PS yang berfungsi
    • Tidak ada abel power & kabel HDMI/AV
    • Tidak ada game PS yang dapat dimainkan (hanya untuk pengecekan)
  • Adanya indikasi kecurangan / fraud / tindakan penyalahgunaan yang dapat merugikan pihak Blibli.

Game Nintendo Switch

  • Tidak terdapat kelengkapan seperti box game/cover pada box (depan dan belakang) /cartridge game switch
  • Terdapat bagian yang pecah/patah/penyok/sobek/ kotor/karat baik pada box maupun cartridge
  • Judul game Switch pada fisik tidak sesuai dengan judul yang dipilih pelanggan pada aplikasi
  • Judul pada cover dan cartridge tidak sesuai
  • Game dapat dimainkan pada konsol switch pelanggan selama 10 detik (dilakukan bersama pelanggan)

 

Blibli dapat membatalkan pesananmu jika:

  • Pipa sambungan indoor & outdoor berada di dalam tembok yang berkeramik (pipa tertanam)
  • Tidak adanya salah satu atau kedua AC (indoor atau outdoor), atau kelengkapan seperti remote
  • AC indoor maupun outdoor tidak terpasang pada dinding (sudah dilepas)
  • Produk bukan AC split
  • Produk tidak dapat menyala, tidak berfungsi normal, dan tidak dapat masuk ke halaman utama
  • Tidak ada kelengkapan berupa baterai, adaptor, dan kabel power yang berfungsi normal
  • Ada bagian yang pecah, retak, patah, atau penyok
  • Ada cacat (bergaris/berbayang/berbintik/bercak/redup/warna tidak normal) dan kerusakan tampilan lainnya pada layar
  • Ada kerusakan serius pada fisik perangkat (termasuk sasis, cover/pelindung dan engsel)
  • Papan ketik/keyboard tidak berfungsi dengan baik
  • Merek dan Prosesor tidak sesuai dengan informasi yang kamu berikan, serta tidak dapat diverifikasi oleh kurir pada halaman sistem
  • Ada bekas terbakar

 

Ya. Pesanan Tukar Tambah kamu dapat dibatalkan jika:

  1. Kamu belum melakukan pembayaran hingga waktu yang telah ditentukan.
  2. Merchant partner tidak memproses pesanan kamu dalam waktu maksimal 2 hari kerja setelah pembayaran diterima (hanya berlaku untuk produk regular dan produk merchant, tidak termasuk Pre-Order).
  3. Setelah dilakukan pengecekan, kondisi produk lama kamu tidak sesuai dengan ketentuan layanan Blibli Tukar Tambah.
  4. Pihak Blibli menemukan faktor yang dapat membuat pesanan Tukar Tambah kamu dibatalkan.

Setelah pesanan kamu dibatalkan, jangka waktu pengembalian dana (refund) ditentukan oleh metode pembayaran yang digunakan ketika kamu melakukan transaksi seperti yang tertera pada ketentuan pengembalian dana (refund).

Tidak bisa. Produk baru kamu akan dikirimkan oleh kurir kami dalam waktu yang bersamaan dengan penjemputan produk lama kamu.

Kamu akan mendapatkan produk baru kamu setelah kurir melakukan verifikasi dan pengecekan terhadap produk lama.

Ada 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui ukuran TV:

Kamu dapat melihat informasi ukuran TV pada sticker yang terdapat pada TV kamu atau dari 2 digit pertama dari kode TV kamu, biasanya sticker yang berisi informasi ukuran/kode TV terletak pada bagian belakang TV.

Jika tidak terdapat informasi ukuran TV pada sticker dibelakang TV, kamu dapat mengukur TV secara manual menggunakan meteran. Ukurlah layar TV (tidak termasuk frame TV) secara diagonal dari kanan atas ke kiri bawah atau sebaliknya.

Blibli_FAQ_ukur_TV_Tukar_Tambah

Produk AC lama yang bisa ditukar tambah adalah AC split dari semua brand dan semua tipe dalam kondisi apa pun, dengan kelengkapan Indoor AC, Outdoor AC, dan remote AC.

Contoh:

Indoor AC

Blibli_FAQ_ContohAC_Tradein

Outdoor AC

Blibli_FAQ_ContohOutdoorAC_Tradein

Remote AC

Blibli_FAQ_ContohRemoteAC_Tradein

Kami meminta kamu untuk memastikan seluruh data pribadi dalam produk lama kamu sudah dihapus sebelum proses penukaran oleh kurir kami. Blibli dan partner Tukar Tambah kami tidak bertanggungjawab atas kehilangan data pribadi kamu. Selain itu kami juga tidak dapat mengembalikan produk lama yang sudah kamu tukarkan untuk proses penghapusan/pengembalian/penyelamatan data-data tersebut.

Kamu dapat menginstall aplikasi Android Blibli pada handphone lama kamu. Pastikan aplikasi Blibli sudah di versi terbaru dan pastikan kamu sudah login/masuk ke akun.

Kemudian kamu dapat langsung melakukan proses pemesanan handphone baru dengan layanan Blibli Tukar Tambah melalui aplikasi tersebut. Setelah memasukkan lokasi, merek, tipe, dan IMEI handphone lama kamu, lalu lanjutkan ke proses pengecekan kualitas. Kemudian ikuti seluruh tahapan pengecekan kualitas tersebut. Setelah pengecekan selesai, akan muncul informasi hasil diagnosa dan harga “Potongan Tukar Tambah”.

Pengecekan kualitas adalah tes yang dilakukan oleh kurir kami untuk memeriksa fungsi dan kualitas handphone kamu.

Kalau kamu mau menghapus akun yang sedang digunakan di laptop Windows, kamu harus melakukannya dari akun lain. Ikuti langkah berikut untuk membuat akun lain dari local account:

1. Select Start  > Settings  > Accounts  > Sign in with a local account instead

2. Masukkan informasi Microsoft local account tersebut tanpa setting password lalu ikuti perintah sampai muncul sign out and finish.

3. Setelah keluar dari akun utama, klik sign in menggunakan local account yang di buat sebelumnya kemudian klik:

Select Start  > Settings  > Accounts  > Email & accounts > pilih akun utama yg akan di hapus > Remove

4. Jika akun sudah terhapus maka tampilan laptop tidak akan meminta password

Blibli_FAQ_Tukar_Tambah_Laptop7