The Right One

Bersepeda, dalam beberapa tahun terahir ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian masyarakat kota. Baik itu yang suka on-road maupun off-road, dari yang sekadar “ce ef de-an”, ikutan trend bahkan sampai yang serius ikut kompetisi.

Kali ini saya akan sedikit menulis bagian off-road nya, dalam hal ini ‘Mountain Biking’. Hal pertama yang menjadi masalah ketika memutuskan akan memulai bersepeda adalah ‘sepeda seperti apa yang saya butuhkan?’ Sedikit masukan untuk yang pertama kali akan membeli sepeda; Sebaiknya membeli ‘complete bike’. Dan nanti sesuai berjalannya waktu, kita akan belajar sendiri untuk memilih komponen atau ‘parts’ yang lebih cocok untuk kita.

Berikut ini beberapa hal yang diharapkan dapat memudahkan membuat keputusan sebelum membeli sepeda:

FRP Alumunium frame1. Material
Aluminium, Besi, Carbon Fiber atau Titanium adalah material yang umum kita temukan untuk frame sepeda gunung. Aluminium adalah bahan yang paling sering dapat kita temukan di sepeda gunung karena kekuatannya, ringan dan relatif lebih murah dibanding material lainnya. Masing-masing material mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Tapi tidak usah bingung, untuk awal pilih saja frame Aluminium.

 

 

Rock Shox Vivid 5.12. Suspensi
‘Mountain bike’ atau sepeda gunung, terbagi dalam 2 tipe: Hardtail (frame tanpa suspensi dengan fork bersuspensi) dan Dual-Suspension (frame dengan suspensi di bagian belakang dengan fork bersuspensi). Sepeda Dual-Suspension memberikan kenyamanan lebih dalam bersepeda, tapi disisi lain membutuhkan perhatian lebih dalam perawatan karena lebih rumit dalam mekanismenya dan juga lebih berat secara beban. Sedangkan Hardtail lebih ringan juga lebih mudah dalam perawatannya namun diperlukan skill lebih dari si pengguna sepeda untuk mengimbangi tidak adanya suspensi di belakang. Secara harga pun sepeda Hardtail lebih murah dibanding Dual-Suspension.
Untuk dipertimbangkan: Bila mempunyai budget diatas Rp 15 juta disarankan untuk langsung membeli Dual-Suspension, bila budget dibawah Rp 15 juta disarankan untuk membeli Hardtail.

RD & Disc Brake3. Komponen
Komponen atau ‘parts’ yang dimaksud disini adalah termasuk: Fork, Drivetrain/komponen penggerak, Wheelset, dll.
Komponen atau ‘parts’ yang ada di sepeda akan sangat bervariasi tergantung harga. Biasanya semakin mahal, semakin bagus komponen yang ada di sepeda tersebut. Jangan berkecil hati dulu, ‘Mountain bike’ yang dapat diandalkan tidak harus mahal. Komponen atau ‘parts’ dengan harga terjangkau dapat berfungsi dengan baik bila kita rajin untuk merawat dan melakukan servis.

 

Selain point-point diatas, perhatikan juga postur tubuh kita. Tinggi badan akan sangat berpengaruh dalam pemilihan ukuran frame sepeda dan kenyamanan kita dalam bersepeda.

Happy hunting guys!

Leave a Comment

Your email address will not be published.