How To Travel Light?

Travelling kini kian menjadi sesuatu hal yang rumit dengan keadaan keamanan internasional. Hal yang terbaik dilakukan adalah berpergian dengan less stuff yang dapat membuat kamu terhindar dari terjebak di Bandara maupun situasi kritis, agar kamu juga bisa menghindari delay, dan mencapai tujuan wisatamu lebih efisien.

1. Get A Small Bag

Crumpler The Bumper Issue - Black/Gun Metal/Rotten OrangeTas yang kamu bawa sudah seharusnya ringan dan mudah dibawa kemana saja. Memang sangat membantu memiliki tas yang dapat dibawa sebagai backpack kamu, atau tas bahu yang tergantung pada situasinya. Walaupun begitu, tas backpack memang sangat meringankan dan sangat bersahabat dengan bahumu ketika kamu merencanakan bepergian jauh. Tas juga yang sangat bersahabat apabila mempunyai roda (sekali lagi, tergantung tujuan destinasimu). Dan hal umum juga bahwa kita harus berjalan jarak jauh, menaiki tangga, dan melakukan sesuatu hal dalam waktu yang bersamaan, semua itu bisa dimudahkan dengan kamu memiliki tas yang tidak menjadi penghalang liburanmu.

2. Cek Cuaca Destinasi

Lakukan laporan keadaan cuaca tujuanmu, agar kamu bisa mengetahui tipe baju apa yang harus kamu bawa. Sebagai contoh, apabila cuacanya akan hangat, tentunya kamu tidak perlu bawa jaket yang berat. Apabila akan cerah, bawalah topi, dan lain-lain.

3. Mix & Match Pakaian

monstore sleeveless manHal ini seharusnya menjadi hal yang menyenangkan. Disarankan, membawa pakaian seminim mungkin tapi mendekati dengan konsep berpakaian padu padan. Satu baju rapih dan sepasang celana bahan bisa matching bersama kaos oblong. Apa saja bisa dijadikan gaya yang sesuai, asalakan tidak satu lemari kamu bawa pergi. Dan, yakinkan bahwa kamu membawa pakaian yang pantas pada area yang akan kamu kunjungi. Setidaknya kamu tidak akan kehilangan muka ketika kamu memakai baju gelap di tempat yang sungguh terang.

4. Bring Enough Clean Underwear!

Hal yang satu ini sangatlah penting untuk mempermudah perjalananmu tanpa harus melakukan laundry yang memakan waktu, biasanya ini dilakukan untuk sampai lima hari kedepan. Setelah itu baru kamu lakukan laundry. Ini juga berlaku untuk kaus kaki, apabila kamu memakainya setiap hari. Dan bawalah alat cucian, apabila kamu ada rencana laundry. Alternatif lain, apabila kamu tidak melebihi lima hari kamu bisa menyuci yang mampu kering dalam satu hari.

ftale footwear ftale crimson sunrise blue

Shoes extra is a must!

5. Bawalah Sepatu yang Tepat

Bawa setidaknya dua pasang sepatu agar kamu bisa berjalan secara nyaman. Apabila salah satu sepatu basah, atau sakit di kaki, kamu akan merasa bersyukur kamu telah membawa satu pasang ekstra.

6. Beri Ruang Packing Dengan Benar

Masukan barang di dalam barang lain, seperti para traveler lainnya. Gulung baju setipis mungkin sampai mengecil untuk menghindari kerutan di baju. Gunakan dengan benar ruang yang tersisa, dan kreatiflah dalam mengatur barang didalam tas.

7. Atur Perlengkapan Mandi

Ringkaskan peralatan mandi di tas yang sama, dan semua cairan di tempat lain namun di tas yang sama. Apabila kamu ingin terbang, seharusnya kedua hal tersebut muat dalam satu liter dan tidak ada botol yang lebih dari tiga ons.

8. Pack Smart and Practical

Simpan (untuk para wanita) lotion, air, kacamata hitam, earplugs, kudapan, sikat gigi, sisir, celana dalam, pen, notes, atau obat-obatan apapun dan barang apapun yang diprioritaskan diletakkan di paling atas tas, karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi ketika kamu sedang dalam perjalanan. Jangan bawa semua barang berharga di dalam tas. Jadi apabila tercuri, kamu tidak kehilangan semua barang berharga di dalam waktu yang bersamaan.

9. Ingat Akan Keamanan

Passport bag

Simpan ID, uang, kartu kredit, di dalam tas yang aman. Simpan beberapa uang di poket untuk pembelian yang berjumlah sedikit. Bawa fotokopi ID mu, visa, dan kartu kredit bersamamu tetapi harus terpisah dari yang aslinya. Kopian bisa selalu disimpan di dalam flashdisk. Bawalah alat kecil satu itu, pasti akan berguna kapanpun.

 

10. Wheels or No Wheels?

Kamu harus benar-benar memikirkan pilihan tas yang beroda atau tidak. Tas beroda memang tidak menampung banyak barang dan menambah berat di bagasi. Tetapi mereka juga berguna pada perjalanan yang perlu transit  dan meringankan beban ketika berjalan.

2 Comments on “How To Travel Light?

  1. Reno Marina

    Great tips. setuju banget dengan apa yang disampaikan oleh khiva.
    Mau tanya donk kira kira type sepatu apa yang lebih cocok buat travelling ? ada suggestion misal nya model yang seperti apa ?

    1. Khiva Rayanka Iskak
      Post author

      Nah sebenernya kalo mau sepatunya lebih ke casual atau slippers aja, tapi tergantung tujuan ya, kalo yang ada di gambar di artikel ini (pulau Kiluan) lebih baik pakai sepatu gunung ya biar ga repot hehe..

Leave a Comment

Your email address will not be published.